Senin, 27 Mei 2024

Keterampilan Komunikasi Interpersonal: Krusial dan Harus Dikuasai

 


Pembahasan komunikasi interpersonal tentu merupakan hal yang sangat menarik untuk terus dikulik. Hal ini dikarenakan komunikasi antar pribadi mencakup dua sampai tiga orang dan dalam lingkup yang kecil. Namun, walaupun lingkupnya tergolong kecil, dalam melakukan komunikasi interpersonal juga diperlukan adanya keterampilan yang mumpuni. Sebab, keterampilan komunikasi interpersonal yang baik mampu membuat hubungan yang terjalin dari komunikasi tersebut lebih erat, dan sebaliknya apabila keterampilan komunikasi yang dimiliki tidak memadai, maka hubungan akan mudah untuk terpisah.

Keterampilan komunikasi interpersonal yang perlu untuk dikuasai sendiri antara lain adalah keterampilan berbicara, bertanya, membuka pintu komunikasi, menjaga kesopanan, meminta maaf, bertanggung jawab, peduli, berempati, dan mendengarkan. Keterampilan-keterampilan ini memiliki keterkaitan satu sama lain, dan tentunya tidak dapat dipisahkan. Keterampilan berbicara memiliki kaitan yang erat dengan keterampilan bertanya, sebab keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk mengungkapkan pendapat atau ide yang ada dalam pikiran kita. Keterampilan ini sangat fundamental karena tanpa kemampuan untuk menyampaikan isi pikiran kita melalui kata-kata, komunikasi tidak akan efektif. Hal ini tentu sejalan dengan keterampilan bertanya, di mana keterampilan tersebut adalah kemampuan untuk meminta penjelasan atau informasi lebih lanjut tentang sesuatu yang tidak kita ketahui. Apabila kita tidak memahami apa yang dikatakan oleh lawan bicara, kita harus bertanya dengan sopan untuk menghindari kesalahpahaman, yang mana hal ini dilandasi dengan keterampilan berbicara yang baik agar pertanyaan tersebut dapat disampaikan dengan jelas.

 Keterampilan lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan untuk bersopan santun, empati, dan peduli. Sikap sopan santun sangat penting dalam membangun hubungan yang positif, empati membuat kita mampu menempatkan diri di posisi orang lain, yang sangat penting untuk komunikasi yang efektif, dan peduli serta perhatian dapat membuat lawan bicara merasa dihargai. Tiga keterampilan tersebut juga merupakan basic manner dalam kehidupan sehari-hari, sehingga harus diingat dan diterapkan selama proses komunikasi interpersonal.

 Apabila dalam komunikasi terdapat miskomunikasi atau hal yang tidak sengaja diucapkan menyinggung lawan bicara, kita harus mengakui kesalahan dan memperbaiki dampak yang ditimbulkan dari kesalahan tersebut. Jika ucapan kita menyinggung orang lain, kita harus segera meminta maaf untuk menghindari kesalahpahaman lebih lanjut. Keterampilan ini merupakan salah satu keterampilan yang juga selaras dengan keterampilan bertanggung jawab, di mana kita harus dapat tidak asal bicara dan selalu bisa mempertanggungjawabkan setiap kata yang diucapkan.

            Terakhir, keterampilan mendengarkan adalah keterampilan yang sangat krusial dalam komunikasi interpersonal. Sebab, walaupun kita tidak mengucapkan kata-kata, namun aspek komunikasi non verbal kita dapat terlihat dengan jelas.  Di era modern ini, di mana banyak orang lebih suka berbicara daripada mendengarkan, kemampuan mendengarkan menjadi sangat penting. Jika kita ingin didengar, maka kita juga harus bisa mendengarkan dengan baik.

 

Oleh karena itu, dengan menguasai keterampilan-keterampilan ini, seseorang akan mampu berkomunikasi secara lebih efektif, membangun hubungan yang lebih baik, dan menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi interpersonal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pola Komunikasi Remaja dalam Menyikapi Toxic Relationship yang Dapat Mengakibatkan Insecure

  Di era digital saat ini, interaksi sosial remaja menjadi lebih kompleks dengan kehadiran berbagai platform komunikasi. Hal ini memberikan ...